MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MENCARI INFORMASI DALAM PENINGKATAN KEMANDIRIAN KEMAMPUAN BERAPRESIASI DI SMA NEGERI 1 JOGONALAN KLATEN (PEND-62)

Proses anak mulai mengenal komunikasi dengan lingkungannya secara verbal disebut dengan pemerolehan bahasa anak. Pemerolehan bahasa pertama (B1) anak terjadi bila anak yang sejak semula tanpa bahasa kini telah memperoleh satu bahasa. Pada masa pemerolehan bahasa anak, anak lebih mengarah pada fungsi komunikasi daripada bentuk bahasanya (Pakdesota, 2008. “Pemerolehan Bahasa Pertama dan Bahasa Kedua”. www.wordpress.com)


Kecenderungan dewasa ini untuk kembali pada pemikiran bahwa anak akan belajar lebih baik jika lingkungan diciptakan alamiah. Belajar akan lebih bermakna jika anak mengalami apa yang dipelajarinya. Pembelajaran yang berorientasi pada penguasaan materi terbukti berhasil dalam kompetisi menggingat jangka pendek tetapi gagal dalam membekali anak memecahkan masalah kehidupan jangka panjang
Pembelajaran berbasis mencari informasi merupakan konsep belajar yang membantu guru mengaitkan antara materi yang diajarkan dengan situasi dunia nyata siswa dan mendorong siswa membuat hubungan antara pengetahuan yang dimilikinya dengan penerapannya dalam kehidupan mereka sebagai anggota keluarga dan masyarakat.

Siswa diberi kesempatan dan kebebasan untuk mencari informasi sebagai sumber belajar. Dengan konsep itu, hasil pembelajaran diharapkan lebih bermakna bagi siswa. Proses pembelajaran berlangsung alamiah dalam bentuk kegiatan siswa bekerja dan mengalami, bukan mentransfer pengetahuan dari guru ke siswa, jadi siswa lebih proaktif untuk memperoleh pengetahuan, pengalaman dan keterampilan. Strategi pembelajaran lebih dipentingkan daripada hasil  Guru memang harus kreatif. Metode mengajar guru yang penuh inovasi akan selalu ditunggu para muridnya. Tentunya, kreasi dan inovasi positif. Bagaimana mungkin seorang guru mengajarkan muridnya supaya aktif kalau dia sendiri kontraproduktif (Ahmad Zeni, 2008. “Beban Guru Tidak Berat”. www.wordpress.com. )
Tugas guru adalah membantu siswa mencapai tujuannya. Maksudnya, guru lebih banyak berurusan dengan strategi daripada memberi informasi, tetapi justru siswa yang aktif mencari informasi. Tugas guru mengelola kelas sebagai sebuah tim yang bekerja bersama untuk menemukan sesuatu yang baru bagi anggota kelas (siswa). Sesuatu yang baru datang dari menemukan sendiri bukan dari apa kata guru.

Guru juga dapat mengembangkan kemandirian dan kemampuan siswa dalam melakukan apresiasi pada informasi yang diperolehnya. Apresiasi merupakan suatu bentuk untuk memperoleh, menghayati, menilai, dan menghargai terhadap sesuatu hal, terutama yang terkait dengan pembelajaran. Dengan demikian, siswa akan mampu memberikan respon balik terhadap materi pembelajaran secara aktif, tidak harus menunggu informasi dari guru.



download tesis teknologi pembelajaran 


tesis teknologi pembelajaran, tesis teknologi pembelajaran pdf, tesis teknologi pembelajaran upi, skripsi teknologi pembelajaran, judul tesis teknologi pembelajaran, contoh tesis teknologi pembelajaran, judul tesis teknologi pembelajaran upi, proposal tesis teknologi pembelajaran, judul tesis teknologi pembelajaran unj, download tesis teknologi pembelajaran, tesis s2 teknologi pembelajaran, contoh judul tesis teknologi pembelajaran, contoh proposal tesis teknologi pembelajaran, contoh tesis s2 teknologi pembelajaran, tesis pendidikan teknologi dan kejuruan, judul tesis teknologi pendidikan download, skripsi pendidikan teknologi informasi, skripsi pendidikan teknologi informasi dan komunikasi, judul tesis tentang teknologi pembelajaran, proposal tesis teknologi pendidikan kuantitatif, tesis pendidikan teknologi kejuruan, judul tesis teknologi pendidikan kualitatif, kumpulan tesis teknologi pembelajaran, tesis teknologi pendidikan pdf, skripsi teknologi pendidikan pdf, tesis teknologi pendidikan s2, judul tesis teknologi pendidikan s2, skripsi teknologi pendidikan terbaru, tesis tentang teknologi pembelajaran, tesis teknologi pendidikan unj, skripsi teknologi pendidikan upi, skripsi teknologi pendidikan unnes, skripsi teknologi pendidikan unj, skripsi teknologi pendidikan unesa, skripsi teknologi pendidikan uny, judul tesis teknologi pendidikan unj, skripsi teknologi pendidikan 2016

0 Response to "MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MENCARI INFORMASI DALAM PENINGKATAN KEMANDIRIAN KEMAMPUAN BERAPRESIASI DI SMA NEGERI 1 JOGONALAN KLATEN (PEND-62)"

Post a Comment