Strategi Kepala Sekolah dalam Menarik Minat Masyarakat untuk Menyekolahkan Anak-Anaknya di Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) (PEND-123)

 Penelitian dalam  ini dilatar belakangi oleh fenomena yang setiap tahun muri-muridnya semakin meningkat dan semakin banyak. Murid-muridnya di SDIT Nuurul Fikri ini tidak kalah dengan lembaga pendidikan yang lainnya. Bahkan prestasinya semakin lama semakin meningkat. Adapun lokasi penelitiannya adalah di SDIT Nuurul Fikri Gandusari Trenggalek

.Fokus masalah dalam penulisan  ini adalah (1) Bagaimana strategi Kepala Sekolah dalam meningkatkan minat masyarakat di SDIT Nuurul Fikri Gandusari Trenggalek ? (2) Bagaimana kendala Kepala Sekolah dalam meningkatkan minat masyarakat di SDIT Nuurul Fikri Gandusari Trenggalek ? (3) Bagaimana solusi Kepala Sekolah untuk mengatasi masalah dalam meningkatkan minat masyarakat di SDIT Nuurul Fikri Gandusari Trenggalek ? Adapun yang menjadi tujuan dalam penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui strategi yang digunakan oleh Kepala Sekolah dalam meninkatkan minat masyarakat di SDIT Nuurul Fikri Gandusari Trenggalek. (2) Untuk mengetahui kendala-kendala yang dihadapi Kepala Sekolah dalam meningkatkan minat masyarakat di SDIT Nuurul Fikri Gandusari Trenggalek. (3) Untuk mengetahui solusi Kepala Sekolah dalam meningkatkan minat masyarakat di SDIT Nuurul Fikri Gandusari Trenggalek.

 Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis datanya dengan reduksi data, dan pengecekan keabsahan temuan dengan trianggulasi, pemeriksaan sejawat dan perpanjangan keikutsertaan.

 Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) bila ingin menjalankan suatu keingnan tentu diperlukan adanya strategi yang matang dan terarah. Usaha Kepala Sekolah dalam menarik minat masyarakat supaya masuyarakat mau menyekolahkan anak-anaknya dan ikut serta mendukung jalannya pendidikan adalah dengan menonjolkan prestasi belajar siswa, mepublikasikan dengan baik, memaksimalkan murid-muridnya untuk menjadikan sang juara, menambah kualitas guru atau menambah guru yang profesional, serta menambah infrastruktur dan sarana prasrana Sekolah yang memadahi. Dalam menjalankan strategi ersebut tentu membutuhkan kerja sama dengan  pihak lainnya. Diantaranya adalah mengajak guru-guru, teman-teman, saudara-saudara Kepala Sekolah dan saudara-saudara yang lainnya, seta wali murid. dengan menjalin kerja sama maka akan memudahkan Kepala Sekolah dalam menjalankan strateginya. (2) Menjalankan straeginya, Kepala Sekolah telah mendapatkan kendala-kendala yang menjadi penghambat besar. Diantara kendala-kendalanya diantaranya adalah anggapan masyarakat bahwasanya SDIT Nuurul Fikri tergolong Sekolahan mahal, serta kecemburuan masyarakat atau ketidak fahaman masyarakat mengenai maksud dan tujuan SDIT Nurul Fikri tersebut. (3) Solusi dalam mengatasi masalah tersebut atau anggapan masyarakat yang tidak tahu tentang tujuan dan visi misi, Kepala Sekolah beserta yang lainnya mengadakan usaha untuk meyakinkan kepada masyarakat bahwasannhya anggapan yang telah mereka anggap itu salah serta  meyakikan kepada masyarakat bahwasannya Sekolahan ini bukan Sekolahan yang mahal yang hanya bisa dimasuki oleh anak-anaknya orang-orang elit saja.


downlaod tesis s2 manajemen pendidikan lengkap

 

0 Response to "Strategi Kepala Sekolah dalam Menarik Minat Masyarakat untuk Menyekolahkan Anak-Anaknya di Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) (PEND-123)"

Post a Comment