Penelitian dalam ini dilatar belakangi oleh fenomena yang setiap tahun muri-muridnya semakin meningkat dan semakin banyak. Murid-muridnya di SDIT Nuurul Fikri ini tidak kalah dengan lembaga pendidikan yang lainnya. Bahkan prestasinya semakin lama semakin meningkat. Adapun lokasi penelitiannya adalah di SDIT Nuurul Fikri Gandusari Trenggalek
.Fokus masalah dalam penulisan ini adalah (1) Bagaimana strategi Kepala Sekolah dalam meningkatkan minat masyarakat di SDIT Nuurul Fikri Gandusari Trenggalek ? (2) Bagaimana kendala Kepala Sekolah dalam meningkatkan minat masyarakat di SDIT Nuurul Fikri Gandusari Trenggalek ? (3) Bagaimana solusi Kepala Sekolah untuk mengatasi masalah dalam meningkatkan minat masyarakat di SDIT Nuurul Fikri Gandusari Trenggalek ? Adapun yang menjadi tujuan dalam penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui strategi yang digunakan oleh Kepala Sekolah dalam meninkatkan minat masyarakat di SDIT Nuurul Fikri Gandusari Trenggalek. (2) Untuk mengetahui kendala-kendala yang dihadapi Kepala Sekolah dalam meningkatkan minat masyarakat di SDIT Nuurul Fikri Gandusari Trenggalek. (3) Untuk mengetahui solusi Kepala Sekolah dalam meningkatkan minat masyarakat di SDIT Nuurul Fikri Gandusari Trenggalek.
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis datanya dengan reduksi data, dan pengecekan keabsahan temuan dengan trianggulasi, pemeriksaan sejawat dan perpanjangan keikutsertaan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) bila
ingin menjalankan suatu keingnan tentu diperlukan adanya strategi yang matang
dan terarah. Usaha Kepala Sekolah dalam menarik minat masyarakat supaya
masuyarakat mau menyekolahkan anak-anaknya dan ikut serta mendukung jalannya
pendidikan adalah dengan menonjolkan prestasi belajar siswa, mepublikasikan
dengan baik, memaksimalkan murid-muridnya untuk menjadikan sang juara, menambah
kualitas guru atau menambah guru yang profesional, serta menambah infrastruktur
dan sarana prasrana Sekolah yang memadahi. Dalam menjalankan strategi ersebut
tentu membutuhkan kerja sama dengan
pihak lainnya. Diantaranya adalah mengajak guru-guru, teman-teman, saudara-saudara
Kepala Sekolah dan saudara-saudara yang lainnya, seta wali murid. dengan
menjalin kerja sama maka akan memudahkan Kepala Sekolah dalam menjalankan
strateginya. (2) Menjalankan straeginya, Kepala Sekolah telah mendapatkan
kendala-kendala yang menjadi penghambat besar. Diantara kendala-kendalanya
diantaranya adalah anggapan masyarakat bahwasanya SDIT Nuurul Fikri tergolong
Sekolahan mahal, serta kecemburuan masyarakat atau ketidak fahaman masyarakat
mengenai maksud dan tujuan SDIT Nurul Fikri tersebut. (3) Solusi dalam
mengatasi masalah tersebut atau anggapan masyarakat yang tidak tahu tentang
tujuan dan visi misi, Kepala Sekolah beserta yang lainnya mengadakan usaha
untuk meyakinkan kepada masyarakat bahwasannhya anggapan yang telah mereka
anggap itu salah serta meyakikan kepada
masyarakat bahwasannya Sekolahan ini bukan Sekolahan yang mahal yang hanya bisa
dimasuki oleh anak-anaknya orang-orang elit saja.
0 Response to "Strategi Kepala Sekolah dalam Menarik Minat Masyarakat untuk Menyekolahkan Anak-Anaknya di Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) (PEND-123)"
Post a Comment