PENGARUH PENGGUNAAN METODE DISKUSI, PEMBERIAN TUGAS DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PENINGKATAN DAYA SERAP SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SMA ...(PEND-44)

Dalam beberapa tahun terakhir ini minat belajar dan motivasi belajar siswa dirasakan sangat menurun, hal ini dibuktikan dengan nilai UN yang semakin rendah. Disamping itu pula nilai ulangan harian, ulangan blok dan ulangan umum setiap semester selalu tidak mencapai standar ketuntasan belajar minimal, baik yang terjadi pada mata pelajaran lain umumnya maupun mata pelajaran ekonomi khususnya.


Masalah diatas merupakan topik sentral yang dibicarakan dan dipersoalkan masyarakat dalam dunia pendidikan saat ini. Banyak kendala yang menjadi tantangan dan tidak dapat diatasi. Sehubungan dengan hal tersebut diatas, saya mencoba mengidentifikasi sebab terjadinya masalah tersebut. Setelah merefleksi kegiatan dan tugas saya sebagai guru maka saya dapat menjawab hal itu disebabkan karena pendekatan pembelajaran yang kurang sesuai, metode mengajar yang kurang tepat, teknik penilaian yang kurang sesuai, serta kurangnya sumber dan sarana belajar yang mendukung. Faktor-faktor inilah yang menjadi sebab rendahnya minat belajar, kurangnya aktivitas dalam mengerjakan tugas, kurangnya inisiatif dan berpikir kritis dalam memecahkan masalah dan menemukan jawaban sendiri secara tepat dan benar.



Untuk menjawab sebab terjadinya masalah diatas saya mencoba meneliti cara belajar siswa dan konsep mengajar yang sejalan kira-kira sesuai dengan perkembangan teknologi dan sistem pendidikan dewasa ini. Oleh karena itu metode yang paling tepat dan cara pendekatan lebih kontekstual yaitu diskusi dan pemberian tugas serta pemberian motivasi belajar.

Saya yakin metode tersebut dapat mempengaruhi perubahan tingkah laku siswa dalam belajar dan akan berpengaruh pula pada peningkatan daya serap siswa atau tercapainya standar ketuntasan minimal belajar sesuai dengan ketentuan sekolah dalam mencapai tujuan kurikulum.

Pada metode ini penekanan pembelajarannya lebih difokuskan pada siswa sebagai subjek dalam belajar sedangkan guru bertindak sebagai fasilitator, motivator, pembimbing dalam mencapai tujuan pembelajaran. Hal ini berbeda dengan paradigma lama dimana guru sebagai subjek dalam pembelajaran sedang siswa pasif dan mendengar. Strategi metode ini lebih diarahkan pada sistem konstruksivistik yakni memberikan kebebasan kepada siswa untuk belajar mandiri untuk mencapai suatu tujuan.



tesis pendidikan ekonomi 


tesis pendidikan ekonomi, tesis pendidikan ekonomi pdf, tesis pendidikan ekonomi upi, tesis pendidikan ekonomi kualitatif, judul tesis pendidikan ekonomi universitas negeri malang, judul tesis pendidikan ekonomi, contoh tesis pendidikan ekonomi, judul tesis pendidikan ekonomi kualitatif, contoh tesis pendidikan ekonomi pdf, kumpulan tesis pendidikan ekonomi, judul tesis pendidikan ekonomi kuantitatif, judul tesis pendidikan ekonomi akuntansi, contoh judul tesis pendidikan ekonomi, contoh proposal tesis pendidikan ekonomi, contoh tesis kualitatif pendidikan ekonomi, download tesis pendidikan ekonomi, jurnal tesis pendidikan ekonomi, judul tesis pendidikan ekonomi terbaru, judul tesis pendidikan ekonomi s2, kumpulan judul tesis pendidikan ekonomi, proposal tesis pendidikan ekonomi, judul tesis pendidikan ekonomi pdf, tesis s2 pendidikan ekonomi, tesis tentang pendidikan ekonomi, judul tesis tentang pendidikan ekonomi

0 Response to "PENGARUH PENGGUNAAN METODE DISKUSI, PEMBERIAN TUGAS DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PENINGKATAN DAYA SERAP SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SMA ...(PEND-44)"

Post a Comment